Ilustrasi hasil ternak

Pengolahan hasil ternak jika dikelola dengan baik memberikan manfaat serta keuntungan yang besar. Hasil ternak tinggi akan kandungan hewani bukan hanya dilihat dari manfaat kesehatan bagi tubuh tetapi juga bisa menghasilkan cuan besar dalam produksi hasil ternak. Hasil ternak dapat diolah menjadi produk makanan dan minuman.

Tujuan Pengolahan hasil ternak adalah untuk meningkatkan penjualan hasil ternak, membuat hasil ternak dapat tahan lama, menambah nilai nutrisi, mempermudah penyimpanan, dan meningkatkan jenis keragaman hasil olahan ternak.

HASIL TERNAK

Hasil ternak berupa kandungan hewani didapatkan dari 3 unsur utama berikut ini:

1. Daging

  • Struktur Daging: Daging yang baik memiliki urat daging atau otot yang berada diseluruh tubuh ternak dan biasanya bagian yang mudah dikelola bagian paha dan dada. Mutu daging yang baik dapat dilihat dari derajat kehalusan, tekstur, dan warna serta bobot daging tersebut yang mengandung air, lemak, karbohidrat dan protein yang tinggi.
  • Prinsip Pengawetan Daging: Cara mengawetkan daging memiliki beberapa prinsip yang biasa digunakan yaitu pendinginan, pengasapan, penggaraman, pengeringan dan fermentasi daging. Melalui perinsip tersebut dapat membuat daging tahan lama dan tidak mudah terkontaminasi bakteri dan dapat menambah cipta rasa daging
  • Fungsi Daging: Manfaat dari mengkonsumsi daging memiliki peranan yang luar biasa bagi kesehatan tubuh seperti mengatasi anemia, kaya mineral, menjaga berat badan, meningkatkan stamina dan memenuhi kebutuhan pangan hewani manusia

2. Susu

  • Penilaian Mutu: Susu mengandung semua zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Susu segar murni memiliki nilai gizi yang tinggi, higenis, mengandung sedikit bakteri, bau dan rasa yang tidak berubah dan tidak berbahaya untuk diminum, bahkan susu segar murni bisa langsung diminum dari hasil pemerahan tanpa perlakuan lain selain pendingin.
  • Prinsip Pengawetan: Untuk mengawetkan susu melalui proses pendinginan, proses pemanasan (sterilisasi dan pasteurisasi). Pengawetan susu memiliki kelebihan dan kekuragan tersendiri tergantung dengan proses pengawetan dan berpengaruh terhadap nilai gizi dari susu tersebut.
  • Fungsi Susu: Kemanfaatan susu yang telah terbukti bagi kesehatan manusia juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai bahan untuk membuat olahan hasil fermentasi dari susu seperti keju, yoghurt, dan varian olahan susu lainnya.

3. Telur

  • Penilaian Mutu: Ketersedian telur yang tersebar luas dan memiliki nilai gizi yang tinggi. telur yang baik memiliki kuning telurm dan bobot telur yang baik pula untuk menentukan kandungan protein pada telur
  • Struktur dan Komposisi: Struktur dari telur terdiri dari cangkang telur, putih telur, dan kuning telur. Sedangkan komposisi telur terdiri dari air 75%, protein 12%, lipida 12%, dan karbohidrat 1%
  • Fungsi Telur: Telur tidak dapat diragukan lagi sebagai sumber energy protein bagi tubuh manusia, memiliki kandungan vitamin A, vitamin B12, dan selenium sumber makanan bagi sistem kekebalan tubuh untuk tetap terjaga dan stamina tubuh.

HASIL OLAHAN

1. DAGING

Berikut beberapa olahan daging yang biasa kita temui.

  • KORNET

Kornet adalah olahan daging sapi yang diawetkan dalam air garam yang nantinya akan diolah dengan cara direbus.

  • NUGGET

nugget adalah olahan daging ayam yang dicampur dengan tepung dan bahan lain untuk menambah cita rasa, biasanya nugget menjadi makanan favorit anak-anak.

  • SOSIS

sosis tidak berbeda jauh dengan nugget olahan menggunakan daging ayam, sapi, atau daging cincang lainnya yang disesuaikan dengan selera dan ditambah bumbu penyedap untuk sosis tersebut.

2. SUSU

Olahan hasil ternak berikutnya adalah susu yang dapat diolah menjadi berbagai macam produk

  • SUSU STERIL

Susu steril adalah susu murni segar yang telah melewati proses sterilisasi untuk membunuh mikroba dalam susu.

  • SUSU KENTAL MANIS

Susu kental manis adalah olahan susu sapi yang kandungan airnya dihilangkan kemudian ditambah gula kental sehingga menjadi kental manis dan dapat bertahan sekitar satu tahun jika sudah dikemas.

\

  • KEJU

Keju yang sudah sering kita temui adalah hasil olahan susu sapi yang di koagulasi menggunakan enzim dan bakteri pembantu.

  • MENTEGA

Mentega adalah contoh hasil olahan ternak terakhir yang terbuat dari susu hewani yaitu susu sapi, domba, kerbau, dan kambing.

3. TELUR

Berikut contoh olahan telur yang dapat di olah secara sendiri

  • PINDANG TELUR

Pindang telur adalah olahan telur yang memadukan rempah masakan menjadi olahan rumahan

  • TELUR GULUNG

Telur gulung adalah olahan kedua rumahan yang dapat dinikmati sendiri maupun menjadi olahan produksi jualan dan cara pembuatannya yang mudah membuat olahan ini sering kita temui.

  • TELUR ASIN

Telur asin adalah contoh terakhir olahan yang didistribusikan untuk memenuhi pangan masyarakat Indonesia. Telur asin dengan proses pembuatan yang mudah dan harga produksi murah menjadi salah satu sumber penghasilan peternak telur asin. Mudah didapatkan di pasar swalayan maupun tradisional membuat telur asin laris dipasaran.

Penulis: Winilistya Samosir (Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor)

WhatsApp WhatsApp us